Trick on Track Ilmu,Ibadah,dan Muamalah



Ketika masih draft, judul buku ini awalnya “Kaidah Ilmu, Ibadah, dan Muamalah.” Lalu saya berdiskusi dengan My Beloved, isteri tercinta dengan harapan ada masukan darinya mengenai judul buku tersebut. Akhirnya isteri saya memberi masukan sebaiknya judulnya diganti agar lebih keren dengan judul “Trick on Track Ilmu, Ibadah, dan Muamalah.” Terima kasih My Beloved.

Buku ini merupakan tips-tips bagaimana agar perjalanan hidup kita sebagai makhluk-Nya tidak hanya sukses di dunia, tapi di akhirat juga sukses. Dan kita tentunya sangat mengharapkan sebuah kesuksesan di kedua kehidupan tersebut. Bagaimana cara meraih dua kesuksesan tersebut? Caranya tiada lain perlunya memahami jalan sebagaimana yang telah ditempuh oleh Nabi Muhammad Saw., para sahabat, para ulama, dan orang saleh lainnya. Inilah yang disebut dengan Track. Buku ini memuat Track Ilmu, Track Ibadah, dan Track Muamalah.

Track ilmu menjadi panduan bagi para pencari ilmu seperti santri, siswa, mahasiswa, maupun pengajar seperti guru atau ustaz agar menjadi ilmuan yang tidak hanya disebut orang alim, tapi berhikmah. Oleh karena itu kewajiban mencari ilmu dan ilmu apa saja yang harus dicari, serta hal-hal lain yang berkenaan dengannya menjadi hal yang urgen untuk dipahami.

Track ibadah menjadi panduan bagi kita sehari-hari sebagai hamba Allah agar ibadah kita sesuai dengan harapan, sehingga ibadah kita tidak hanya sah menurut fikih Islam, tapi dapat berkah dari ibadah tersebut dan menjadi penyelamat tatkala dihisab di depan Allah Swt. Oleh karena itu, memahami prinsip dasar ibadah, tujuan ibadah, etika ibadah, dan keutamaan ibadah merupakan hal yang urgen.

Track muamalah menjadi panduan bagi kita sebagai makhluk sosial yang menuntut kita bisa beradaptasi dengan sesama manusia yang beragam karakter, budaya, dan agama, sehingga kerukunan tetap terjaga dan tidak hanya baik hubungan kita dengan Allah, namun dengan sesama manusia pun baik juga. Oleh karena itu, memahami cara-cara mencari dan memilih teman, etika berteman, dan keutamaan berteman merupakan hal yang urgen.

Selanjutnya, bagaimana Track-track tersebut agar bisa diraih? Maka, masing-masing kita perlu memahami caranya. Inilah yang disebut dengan Trick. Trick dimaksud adalah penuntun kita dalam mempraktikkan track-track tersebut yang berisi kaidah-kaidah yang cocok menjadi panduan bagi kita yang menginginkan kehidupan sukses dunia dan akhirat. Kaidah-kaidah tersebut berasal dari ucapan Nabi Muhammad Saw., para sahabat, para ulama, dan orang saleh lainnya yang saya kutif dari  referensi kitab hadis, fikih, kaidah fikih, akhlak, dan tasawuf. Semuanya dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Semoga bermanfaat. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

Membedah Isra Mikraj Menurut Etimologi

Rezeki Lahiriah dan Batiniah

Ibadah dan Muamalah